Tuesday, March 29, 2005

Gadis Dengan Setangkai Mawar

Gadis Dengan Setangkai Mawar

John Blanford berdiri tegak dari bangku di Stasiun
Kereta Api sambil melihat ke arah jarum jam, pukul 6
kurang 6 menit. John sedang menunggu seorang gadis
yang dekat dalam hatinya tetapi tidak mengenal
wajahnya, seorang gadis dengan setangkai mawar.

Lebih dari setahun yang lalu John membaca buku yang
dipinjam dari Perpustakaan. Rasa ingin tahunya
terpancing saat ia melihat coretan tangan yang halus
di buku tersebut. Pemilik terdahulu buku tersebut
adalah seorang gadis bernama Hollis Molleon. Hollis
tinggal di New York dan John di Florida. John mencoba
menghubungi sang gadis dan mengajaknya untuk saling
bersurat. Beberapa hari kemudian, John dikirim ke
medan perang, Perang Dunia II. Mereka terus saling
menyurati selama hampir 1 tahun. Setiap surat seperti
layaknya bibit yang jatuh di tanah yang subur dalam
hati masing-masing dan jalinan cinta merekapun tumbuh.

John berkali-kali meminta agar Hollis mengirimkannya
sebuah foto. Tetapi sang gadis selalu menolak, kata
sang gadis "Kalau perasaan cintamu tulus,John,
bagaimanapun rupaku tidak akan merubah perasaan itu,
kalau saya cantik, selama hidup saya akan
bertanya-tanya apakah mungkin perasaanmu itu hanya
karena saya cantik saja, kalau saya biasa-biasa atau
cenderung jelek, saya takut kamu akan terus menulis
hanya karena kesepian dan tidak ada orang lain lagi
dimana kamu bisa mengadu. Jadi sebaiknya kamu tidak
usah tahu bagaimana rupa saya. Sekembalinya kamu ke
New York nanti kita akan bertemu muka. Pada saat itu
kita akan bebas untuk menentukan apa yang akan kita
lakukan."

Mereka berdua membuat janji untuk bertemu di Stasiun
Pusat di New York pukul 6 sore setelah perang usai.
"Kamu akan mengenali saya, John, karena saya akan
menyematkan setangkai bunga mawar merah pada kera
bajuku", kata Nona Hollis.

Pukul 6 kurang 1 menit sang perwira muda semakin
gelisah, tiba-tiba jantungnya hampir copot, dilihatnya
seorang gadis yang sangat cantik berbaju hijau lewat
di depannya, tubuhnya ramping, rambutnya pirang
bergelombang, matanya biru seperti langit, luar biasa
cantiknya.... Sang perwira mulai menyusul sang gadis,
dia bahkan tidak menghiraukan kenyataan bahwa sang
gadis tidak mengenakan bunga mawar seperti yang telah
disepakati. Hanya tinggal 1 langkah lagi kemudian John
melihat seorang wanita berusia 40 tahun mengenakan
sekumtum mawar merah di kerahya. "O....itu Hollis!!!!"

Rambutnya sudah mulai beruban dan agak gemuk. Gadis
berbaju hijau hampir menghilang. Perasaan sang perwira
mulai terasa terbagi 2 ingin lari mengejar sang gadis
cantik tetapi pada sisi lain tidak ingin menghianati
Hollis yang lembut dan telah setia menemaninya selama
perang. Tanpa berpikir panjang, John berjalan
menghampiri wanita yang berusia setengah baya itu dan
menyapanya, "Nama saya John Blanford, anda tentu saja
Nona Hollis, bahagia sekali bisa bertemu dengan anda,
maukah anda makan malam bersama saya?" Sang wanita
tersenyum ramah dan berkata "Anak muda, saya tidak
tahu apa artinya semua ini, tetapi seorang gadis yang
berbaju hijau yang baru saja lewat memaksa saya untuk
mengenakan bunga mawar ini dan dia mengatakan kalau
anda mengajak saya makan maka saya diminta untuk
memberitahu anda bahwa dia menunggu anda di restoran
di ujung jalan ini, katanya semua ini hanya ingin
menguji anda." (NN)

Pernahkah terpikir oleh anda sekalian, bahwa si pemuda
bernama John Blanford di atas akan menarik semua
perkataan-perkataan cinta romantis yang pernah di
tulis dalam surat-suratnya apabila, katakanlah memang
benar ternyata Nona Hollis hanyalah seorang wanita
gemuk dengan rambut hampir beruban. Untunglah John
seorang yang sangat cerdas dan berhikmat. Dia bisa
saja berpikir pasti dapat mengeluarkan sebuah alasan
lain untuk mengagalkan lamarannya. Dan tentunya jika
itu terjadi, maka cerita ini pasti tidak akan ada.

Seseorang akan sangat mudah tertipu dan tergoda untuk
mengikuti mata jasmani dan mengabaikan kata hati.
Orang lebih menyukai apa yang dapat dia lihat dan
sentuh dari pada apa yang dapat dirasakan dan di
sentuh oleh hatinya. Ini adalah salah satu titik
kegagalan manusia dalam menjalani kehidupannya sebagai
orang yang beriman. Kita lebih tertarik melihat sebuah
senyuman manis, dari pada sikap hati. Kita lebih
menyukai bola mata yang bulat dan bening ketimbang
mata hati yang tajam dan peka. Kita lebih menyukai
wajah rupawan dari pada karakter yang bagus. Singkat
kata, kita semua lebih menyukai hal-hal yang bersifat
jasmaniah ketimbang hal-hal rohaniah. Itulah sebabnya
seringkali kita tersandung karena ulah kita sendiri!

No comments: